PERAN ORGANISASI DALAM SUATU PERUSAHAAN
02.54 | Author: muhinjjaya



Dewasa ini telah banyak sekali berbagai macam perusahaan berdiri di Negara kita Indonesia.Karena semakin banyaknya perusahaan itulah,maka banyak pula yang mencari pekerjaan disebuah perusahaan – perusahaan mewah atau ternama. Hal ini dilakukan karena banyak perilaku karyawan yang dipengaruhi oleh tingkat komitmen yang dimiliki oleh karyawan pada perusahaan dimana ia bekerja. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa tingkat komitmen karyawan pada perusahaan dapat mempengaruhi motivasi kerja, masa kerja, perilaku agresif yang berupa sabotase, turn over, pemogokan, absensi yang tinggi, kesalahan yang disengaja dan sebagainya Baik itu perusahaan perseorangan,persekutuan,perseorangan dan perusahaan koperasi. Kemajuan teknologi, kondisi sosial ekonomi, dan sempitnya lapangan kerja telah mendorong kreativitas masyarakat untuk mencari pekerjaan. Kreativitas ini berujung pada banyak munculnya perusahaan-perusahaan baru. Munculnya perusahaan-perusahaan baru ini turut memperluas kebutuhan akan tenaga kerja manusia, sehingga kualitas tenaga kerja manusia memegang peranan yang sangat penting dalam pencapaian tujuan perusahaan. Apalagi dalam era globalisasi dimana persaingan antar perusahaan sudah tidak melihat sekat dan batas-batas negara. Maka kualitas individu tenaga kerja manusialah yang menentukan produktivitas dan kualitas kinerja sebuah perusahaan.
Namun ada rintangan yang dihadapi oleh perusahaan saat ini adalah bagaimana menciptakan tenaga kerja manusia atau sumber daya manusia yang dapat menghasilkan kinerja yang optimal sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.Selain hal di atas menurut saya perusahaan yang tidak diimbangi dengan kemajuan tekhnologi maka perusahaan tersebut akan percuma berdiri karena kemajuan zaman ini sesuai dengan kemajuan teknologinya.Selain itu factor yang paling mendukung suatu perusahaan adalah adanya suatu organisasi yang tepat.kenapa demikian ?karena suatu organisasi adalah suatu alat pencapaian tujuan bersama dalam mengeluarkan mufakat dan alat bagi pengelompokan dari perbedaan suatu perbedaan prinsip. Membahas masalah itu sendiri merupakan hal yang esensial bagi suatu organisasi atau perusahaan, karena akan selalu berhubungan dengan kehidupan yang ada dalam perusahaan. seringkali organisasi merupakan falsafah, ideologi, nilai – nilai, anggapan, keyakinan, harapan, sikap, kebiasaan, dan norma–norma yang dimiliki secara bersama serta mengikat dalam suatu komunitas tetentu.
Menurut Robbins (2002:279), budaya organisasi merujuk kepada suatu sistem pengertian bersama yang dipegang oleh anggota–anggota suatu organisasi, yang membedakan organisasi tersebut dari organisasi lainnya.Jadi,betapa pentingnya suatu organisasi dalam suatu perusahaan.

Organisasi adalah merupakan hasil dari manajemen untuk mencapai tujuan bersama. Pada dasarnya pengertian organisasi dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu organisasi dalam arti statis dan organisasi dalam arti dinamis. Terdapat hubungan yang erat antara manajemen , organisasi dan metode (tata kerja). Manajemen , organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara efisien.Organisasi dalam suatu perusahaan menjadi karakteristik yang penting karena bias mewakili norma–norma perilaku yang diikuti para anggota organisasi. Hal serupa sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Robbins dalam Tika (2005:10).Karakteristik suatu organisasi merupakan toleransi terhadap tindakan berisiko, integrasi, dukungan manajemen, kontrol, dan sistem imbalan. Mengapa organisasi begitu penting, karena merupakan kebiasaan–kebiasaan yang terjadi dalam hirarki organisasi yang mewakili norma–norma perilaku yang diikuti para anggota organisasi.
Organisasi yang produktif adalah suatu organisasi yang dapat menjadikan organisasi menjadi kuat dan tujuan perusahaan pun dapat terakomodasi dengan baik. Dalam organisasi tentunya banyak faktor yang mempengaruhi seseorang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, sedangkan jalannya suatu organisasi atau perusahaan tentunya diwarnai oleh perilaku individu yang merasa berkepentingan dalam kelompoknya masing–masing. Perilaku individu yang berada dalam organisasi atau perusahaan tentunya sangat mempengaruhi organisasi baik secara langsung maupun tidak langsung, hal ini akibat adanya kemampuan individu yang berbeda –beda dalam menghadapi tugas dan aktivitasnya.Berbagai macam karakter nya manusia sesuai kodratnya,maka keputusan yang diambilpun dalam perusahaan akan berbeda – beda.Akan tetapi dengan peran organisasi dalam suatu perusahaan hal demikian tidak akan menjadi pertentangan dalam perusahaan.Perusahaan yang telah berorganisasi dengan baik akan mengetahui langkah apa yang diambil perusahaan sesuai dengan mufakat bersama dalam organisasi.Manusia selalu berperan aktif dalam setiap kegiatan organisasi yaitu sebagai perencana, pelaku dan penentu terwujudnya tujuan organisasi, sehingga menjadikan manusia sebagai aset yang harus ditingkatkan efisiensi dan produktivitasnya. Bila karyawan memiliki produktivitas dan

motivasi kerja yang tinggi, maka laju roda perusahaan pun akan berjalan kencang, yang akhirnya akan menghasilkan kinerja dan pencapaian yang baik bagi perusahaan. Di sisi lain, bagaimana mungkin roda perusahaan berjalan baik, bila karyawannya bekerja tidak produktif, artinya karyawan tidak memiliki semangat kerja yang tinggi, tidak ulet dalam bekerja dan memiliki moral yang rendah.
Keuletan dalam pertanggungjawaban di sebuah perusahaan akan menghasilkan suatu hasil yang baik bagi perusahaan.perusahaan pun akan menjadi bangga akan hasil yang dicapai dari usaha kepuasan tersebut diantaranya kesesuaian pekerjaan, kebijaksanaan organisasi termasuk kesempatan untuk berkembang, lingkungan kerja dan perilaku atasan. Selanjutnya menurut Griffin dan Ebert dalam Poerwati et.al. (2002:2) menemukan bahwa karyawan yang puas lebih berkomitmen dan setia karena secara psikis mereka merasa lebih diperhatikan oleh perusahaan. Apabila orang-orang itu diperhatikan secara tepat dengan menghargai mereka, mengembangkan kemampuan mereka, organisasi akan menjadi dinamis dan berkembang.lain lagi dengan hasil kerja dari perusahaanya yang sepenuh nya hasil dari mufakat yang bersumber organisasi maka tujuan bersama akan tetap terwujud secara bersamaan tanpa adanya konflik
Jadi pada dasarnya setelah dijabarkan dan dijelaskan dari pendapat da para ahli diatas tentang organisasi.Menurut saya Peran organisasi dalam suatu perusahaan sangatlah penting bagi kemajuan perusahaan,karena dapat memberikan jalan keluar yang maksimal tanpa adanya konflik social akibat dari kesalah pahaman para karyawan.Bukan hanya itu integritas karyawan pun dalam perusahaan akan tetap terjaga dari adanya organisasi ini .Organisasi perusahaan akan memberikan suatu pencerahan yang efektif bagi perusahaan,dimana penyelesainya akan dihasilkan secara terorganisir.Bila tanpa organisasi perusahaan maka hasil mufakat yang dihasilkan perusahaan pun akan mengarah pada pendapat perorangan.Bukan kesepakatan yang dihasilkan perusahaan melainkan otoriter pendapat seseorang.








REFERENSI :

internet mozila firefox (search engine)
www.google.com
tou online 1 (download)
macam-macam organisasi dalam perusahaan agribisnis(download)
pengaruh budaya organisasi dan motivasi terhadap kepuasan kerja serta kinerja karyawan (download)
|
This entry was posted on 02.54 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: