FUNGSI PRODUKSI
20.04 | Author: muhinjjaya
Fungsi produksi adalah suatu fungsi yang menunjukan hubungan antara berbagai kombinasi input yang digunakan untuk menghasilkan output.

Q = f ( X1,X2,X3,….Xn) dimana
Q = tingkat produksi / output.
X1,X2,X3,…Xn=kombinasiinput yang digunakan

Atau
Q = f(C.T.R.T)
Q = output L = labour T = technology
C = capital R = natural resources

Asumsi dasar untuk menjelaskan fungsi produksi ini ada;ah berlakunya “the law of diminishing returns” yang menyatakan bahwa apabila suatu input ditambahkan dan input – input lain tetap,maka tambahan output dari setiap tambahan satu unit input yang ditambahkan mula – mula menarik.Tapi,pada suatu tingkat tertentu akan menurun jika input tersebut terus ditambahkan.Jadi dalam hokum ini terdapat 3 tingkatan produksi,yaitu :

1) Tahap yang pertama yaitu : produksi yang terus bertambah dengan cepat
2) Tahap yang kedua yaitu : pertambahan produksi total semakin lama semakin kecil
3) Tahap yang ketiga yaitu : pertambahan total semakin berkurang
Marginal Physical Produck (MPP) adalah tambahan output yang dihasilkan sebagai akibat dari penambahan 1 unit input.
∆Q = tambahan output
MPP = ∆Q ∆X = tambahan input
∆X
Marginal Physical Produck disebut juga dngan The law of dimishing marginal Physical Produck.Kurva Total Physical Produck (TPP) adalah kurva yang menunjukan tingkat produksi total pada berbagai tingkat penggunaan input variable.Kurva Marginal Physical Produck adalah kurva yang menunjukan tambahan dari total Physical product yang disebabkan oleh tambahan 1 unit input variabel


Referensi : http://google.com dan pemikiran
|
This entry was posted on 20.04 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: